Supply Chain Management ( SCM )


Bahasa yang umum digunakan untuk pembahasan judul tulisan ini adalah Supply Chain Management (SCM), dalam bahasa indonesia berarti Manajemen Rantai Pasokan (MRP). Oleh karena singkatan MRP sudah digunakan dalam salah satu bahasan operasi maka pada tulisan ini digunakan singkatan SCM untuk pembahasan. 
Akan tetapi, secara tidak menguntungkan, tidak ada definisi umum dari Supply Chain Management (SCM). Pada awal nya istilah rantai pasokan pertama kali digunakan oleh Oliver and Weber (1982) dan diulang kembali oleh Houlihan (1984,1985, 1988) pada sebuah artikel untuk memberikan gambaran manajemen aliran bahan baku dalam lingkup organisasi. Kemudian definisi SCM terus berkembang secara signifikan pada perusahaan yang terkait dengan bidang rantai pasokan. Namun beberapa peneliti manajemen, memberikan definisi yang dapat melingkupi maksud dari SCM sebagai berikut.
  1. SCM adalah sebuah aktivitas manajemen untuk mendapatkan material dan jasa kemudian mentransformasikan ke bentuk menengah dan produk akhir dan mengirimkannya melalui sistem distribusi
  2. SCM adalah bentuk manajemen internal sebuah rantai pasokan. Ketika beberapa perusahaan membuat sebuah syarat manajemen rantai pasokan, mereka bisa saja menghubungkan aliran material dengan informasi dari supplier tingkat menengah, baik hubungan dalam operasi internal maupun diluar distribusi kepada pelanggan.
  3. SCM adalah suatu bentuk hubungan panjang antara partner atau relasi dengan supplier. Bisa dikatakan bahwa Partner adalah sumber daya yang terkait erat dengan pembayaran dan pasokan dengan cara bekerja secara bersama – sama untuk mendapatkan bisnis yang menguntungkan kedua pihak.
  4. SCM adalah perilaku memanajemen seluruh jaringan yang berhubungan dengan pasokan dari sumber daya paling awal sampai pada kebutuhan pelanggan.
Tujuan SCM adalah untuk membangun pasokan dari suppliers yang berfokus pada pengoptimalan nilai untuk pelanggan akhir. Pembahasan SCM sangat penting dalam dunia industri, karena kompetisi sebenarnya bukan antar perusahaan industri / jasa namun pada rantai pasokan nya.
Ada banyak proses identifikasi yang harus dilakukan untuk membuat proses SCM berjalan robust. Salah satu cara identifikasi proses SCM yang sering digunakan adalah dengan menggunakan model SCOR. Model SCOR sudah dianggap sudah mencangkup keseluruhan proses industri. Model ini terdiri dari proses plan, source, make, deliver, dan return pada sebuah perusahaan.

kebanyakan dari tulisan ini bersumber dari :
- http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/wp-content/uploads/2012/11/supply-chain-management.jpg
- Heizer, J. and Render, B. 2011. Operations Management Tenth Edition. Pearson Education.
- Slack, N., et all. 2005. The Blackwell Encyclopedia Of Management Second Edition. Blackwell Publishing.

1 comments:

Anonymous said...

nama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.

Post a Comment

 

Statistiser, all about statistics Of Galih_sp © 2011