Peta Kontrol EWMA


Peta kontrol EWMA memberikan pertimbangan lebih terkait waktu kontrol operasi. Pada peta kontrol EWMA, proses kontrol awal memiliki nilai batas (UCL & LCL) lebih kecil daripada proses akhir dan  selanjutnya akan bernilai konstan. Peta kontrol EWMA dapat digunakan pada data individual, sedangkan untuk data dengan subgrup dapat diwakili dengan nilai rata – rata subgrup.
Peta kontrol EWMA digunakan untuk mengetahui pergeseran kecil dari mean proses. Hal ini dikarenakan, nilai yang diplotkan pada peta kontrol EWMA merupakan nilai rata – rata yang sudah terboboti dengan pembobot yang telah ditentukan peneliti. Nilai rata – rata yang diplotkan biasa disebut weighted moving average.
Contoh :
Tery Company adalah perusahaan yang bergerak dibidang farmasi. Perusahaan ini ingin membuat evaluasi proses menggunakan peta kontrol ewma. Diketahui nilai bobot lamda, L, dan standart deviasi berturut – turut adalah 0.1, 2.5 dan 0.95. pada proses awal Z0 ditentukan nilai rata – rata proses sebesar 10.
 
Peta control EWMA mempertimbangkan data sebelumnya (Zt-1) untuk membuat data control selanjutnya (Zt), sehingga data Zt bergantung pada nilai Zt-1. Artinya, ketika proses berjalan optimal pada range Zt (9.40 – 10.60) dengan Xi (7.99 – 12.16) kemudian terjadi out of control pada X9 (16.34) maka nilai X10 (10) akan menghasilkan nilai Zt yang besar dan bisa jadi dianggap sebagai nilai out of control pada diagram ewma.
Nilai keragaman data, sangat berpengaruh pada besar kecilnya batas control. Jika keragaman data yang didapat besar maka batas control akan semakin lebar. Hal ini juga terjadi pada nilai L yang merupakan bilangan pengali pada pembuatan batas kontrol ewma.

1 comments:

Supriyono Alfarhan on 14 December 2016 at 13:39 said...

Kunjungi http://www.alfarhanmuslim.net/ (Website islami) ; http://ilmuwantekkim.lecture.ub.ac.id/ (Website pengajaran Teknik Kimia)
MATA AIR SUNNAH ; ILMUWAN TEKKIM
Menjamin kualitas dengan menjaga keilmiahan karya tulis

Post a Comment

 

Statistiser, all about statistics Of Galih_sp © 2011