Ms Access (Part 1 Create Table)


         Database processing selalu menjadi topik utama dalam pengelolaan data statistik. Hal ini sangat diperlukan untuk mempermudah statistisi dalam analisa data. Berikut ini adalah tutorial tentang pembuatan database perolehan nilai mahasiswa disertai dengan scoring sehingga akan muncul nilai akhir mahasiswa. Tutorial ini menggunakan software ms access 2007.
Kasus : ingin dibuat sebuah form penilaian dengan syarat ketika NIM dimasukkan maka nama mahasiswa akan keluar secara otomatis dan ketika dimasukkan nilai test maka akan keluar nilai rata dari test 1, ets, tes 2 dan uas. Selain itu akan keluar juga huruf dari nilai tersebut.
Cara pengerjaan :
Buka ms access 2007 sehingga memberikan tampilan sebagai berikut.
Buat sebuah blank database, dengan mengklik blank database dan memilih lokasi folder pada pojok kanan bawah. Tampilan blank database akan seperti ini.
Rubah tampilan ke dalam design view dengan mengklik icon “view”. Save table dengan nama terserah anda kemudian klik ok. Kali ini saya menggunakan nama tabel nilai sebagai nama tabel.
Buat field name dengan mengisi nama field yang akan dibuat dalam kolom field name. hasil nya akan tampak seperti digambar.
Buat satu tabel lagi sebagai tabel referensi dengan klik create – klik table – kemudian seperti langkah sebelumnya buat field name seperti gambar di bawah sehingga menjadi.
Klik view (datasheet view) maka akan terlihat tampilan tabel yang sudah dibuat.


0 comments:

Post a Comment

 

Statistiser, all about statistics Of Galih_sp © 2011