Tutorial Regresi dengan Excel


Pada bahasan kali ini, kita akan mulai membuat pemodelan regresi untuk soal pada bagian sebelumnya. Seperti penjelasan sebelumnya, pemodelan regresi dapat dilakukan dengan manual maupun dengan bantuan software, dan kali ini kita akan membahas sekilas pemodelan regresi menggunakan software microsoft excel. (say thanks to microsoft :) ).
Ok, pertama masukkan data dalam excel, kemudian klik pada toolbar “Data” kemudian klik “Data Analysis” pada bagian pojok paling kanan.

Sehingga akan muncul tampilan menu Data Analysis. Pada menu Data Analysis, terdapat beberapa analisis statistik yang sudah disediakan oleh excel. Untuk kasus sekarang ini pilih opsi “regression”, kemudian klik Ok.
Setelah opsi regresi di klik, akan muncul menu Regression. Di dalam menu tersebut, terdapat form yang harus diisi yang dijelaskan sebagai berikut.
  • Pada “Input Y Range” masukkan data respon / variabel dependen
  • Pada “Input Y Range” masukkan data prediktor / variabel independen
  • Centang opsi “Labels” jika pada input Y dan X disertakan nama variabel
  • Centang “Confidence Level” jika ingin merubah nilai default selang kepercayaan
  • Pada “Output Option” disediakan beberapa pilihan untuk menentukan letak output pemodelan.
  • Pada Opsi Residual dan Normal probability adalah pilihan – pilhan jika anda ingin mengeluarkan hasil terkait residual dan distribusi normal.

Arti pilihan menu pada output range :

  1. Pilihan “Output range” artinya output (hasil pemodelan) akan diletakkan pada lembar kerja (sheet) yang sama, dengan memberikan range output pada form isian disampingnya.
  2. Pilihan “New Worksheet” artinya hasil pemodelan akan diletakkan pada lembar kerja yang baru  (“Sheet” bagian bawah).
  3. Pilihan “New Workbook” artinya hasil pemodelan akan diletakkan pada file excel yang baru. Sehingga akan muncul tampilan windows excel yang baru.

Jika semua form pada menu Regression sudah diisi dan di klik OK, maka akan muncul hasil sebagai berikut. (pada latihan ini saya memilih output range pada sheet yang sama)
Output yang dikeluarkan excel cukup mewakili dalam interpretasi statistik, terdapat pula output berupa distribusi normal sebagai asumsi yang harus dipenuhi dalam pemodelan regresi. Interpretasi hasil menggunakan software excel akan dibahas pada tulisan berikutnya.

-terima kasih-

0 comments:

Post a Comment

 

Statistiser, all about statistics Of Galih_sp © 2011