Tutorial Regresi (Case 1)


Dimisalkan akan diadakan sebuah riset marketing untuk mengetahui hubungan antara hasil penjualan dengan biaya promosi pada suatu perusahaan, karena pada hasil laporan perusahaan diketahui adanya hubungan besarnya promosi dengan besarnya penjualan. Hasil penelitian akan dipakai untuk mengetahui besarnya penjualan yang akan diperoleh perusahaan, jika menggunakan penambahan/pengurangan biaya promosi dengan satuan yang ditetapkan. Berikut data perusahaan yang digunakan.
 
Seperti penjelasan sebelumnya (pengantar regresi), analisis regresi yang baik menuntut adanya pemodelan dengan eror yang kecil. Sehingga dalam kasus ini sengaja dibuat data yang berbentuk linier agar memudahkan dalam latihan. Berikut ini plot yang dihasilkan dari data tersebut.
Nah, dari plot tersebut diketahui bahwa data yang digunakan adalah linier karena plot tersebut berbentuk garis lurus sehingga pendekatan model regresi sederhana yang mungkin diterapkan adalah pemodelan regresi linier sederhana. Pemodelan ini dapat dilakukan secara manual ataupun dengan software statistik seperti excel, minitab, spss, sas, maupun R.
Tutorial pemodelan bersambung pada tulisan berikutnya.
Pemodelan regresi dengan Excel
Pemodelan regresi dengan Minitab

~terima kasih~

0 comments:

Post a Comment

 

Statistiser, all about statistics Of Galih_sp © 2011