Tutorial Regresi dengan Minitab


Pada bahasan kali ini, kita akan mulai membuat pemodelan regresi untuk soal pada bagian sebelumnya. Seperti penjelasan sebelumnya, pemodelan regresi dapat dilakukan dengan manual maupun dengan bantuan software, dan kali ini kita akan membahas pemodelan regresi menggunakan software Minitab. (say thanks to Minitab Inc).
Ok, pertama masukkan data dalam minitab, kemudian pada menu toolbar klik stat – regression – regression. Seperti tampilan di bawah ini.
Setelah muncul tampilan di bawah ini, masukkan variabel respon dan prediktor ke dalam kolom respon dan prediktor yang sudah disediakan.
Untuk analisis sederhana anda bisa langsung meng-klik OK namun jika ingin melihat hasil yang detail, anda dapat memilih beberapa menu yang mendukung analisis anda.
Storage : merupakan pilihan menu yang dapat dipilih untuk mengeluarkan output berupa nilai dengan kriteria yang disediakan. Biasanya output ini digunakan untuk cek residual, pendeteksian multikolinier,  melihat hasil ramalan, dll.
Graphs : merupakan pilihan menu untuk mengeluarkan berbagai macam bentuk plot residual. Disediakan pilihan untuk menampilkan plot masing – masing atau plot dari secara kelompok.
Options : merupakan menu yang disediakan untuk menambah beberapa hasil analisis multikolinier dan membuat analisis regresi tandingan dengan menggunakan nilai pembobot.
Berikut ini hasil output regresi dengan menggunakan software minitab tanpa meng-klik satu menu pun (output standart).
Jika dibandingkan dengan output excel (dalam tutorial sebelumnya), maka output standart minitab tidak jauh berbeda dengan output standart excel. Namun minitab memiliki kelebihan lebih mudah digunakan, karena software ini memang diperuntukkan untuk tujuan analisis improvement. Interpretasi mengenai output minitab, akan dibahasa pada materi lainnya.

-terima kasih-

0 comments:

Post a Comment

 

Statistiser, all about statistics Of Galih_sp © 2011